Merayakan Hari Guru Di Cikoro

Pendidikan, Hari Guru Nasional

Advertisements
DSC01956
Aktivitas Siswa Saat Jam Istirahat. (foto : enal_18)

Pembangunan sangat erat kaitannya dengan sumber daya manusia. Secara tidak langsung, pembangunan berkaitan dengan pendidikan. Dalam KBBI, pendidikan didefenisikan sebagai proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Idealnya, pendidikan itu lahir dan terbentuk dalam masyarakat, dimana manusia adalah makhluk sosial.

Pendidikan tidak lain adalah transformasi pengetahuan dari suatu generasi ke generasi berikutnya. Segala sesuatu yang kita pelajari tidak terlepas dari interaksi kita dengan orang lain. Di mana pun, kapan pun, dengan siapa pun kita bisa belajar.

Dalam pendidikan, baik formal maupun non formal, narasumber atau yang kita sebut sebagi guru memiliki peranan yang sangat besar. Keberhasilan pendidikan formal di sekolah sangat bergantung pada guru sebagai reseptor ilmu dan pengetahuan. Semakin banyak siswa yang dihadapi berarti semakin banyak tipe kecerdasan yang harus diketahui oleh seorang guru. Oleh karena itu, peranan guru dalam menyampaikan informasi ke siswa bukanlah hal yang mudah.

Rumusan kompetensi guru dan dosen yang termaktub dalam Undang-Undang Guru dan Dosen No 14 tahun 2005 diharapkan mampu meningkatkan kualitas guru. Olehnya itu, kompetensi guru dan dosen selayaknya mengacu pada kondisi siswa. Kompetensi tersebut berupa (1) kompetensi pedagogik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. (2) Kompetensi kepribadian, meliputi kemampuan menjadi teladan bagi peserta didik. (3) Kompetensi sosial, meliputi kemampuan berkomunikasi lisan dan tulisan, dan kemampuan bergaul secara efektif dengan peserta didik. Dari ketiga kompetensi di atas, tindakan seorang guru, baik akademik maupun non akademik mengarah pada “kepentingan pertumbuhan siswa untuk menjadi yang terbaik” (Yuli Fajar Susetyo, Guru Peduli Kesejahteraan Siswa, dalam buku Psikologi untuk Kesejahteraan Masyarakat, 2012).

Menyadari bahwa kesejahteraan masyarakat tidak lepas dari pendidikan, bersama dengan kepala sekolah sekolah dasar se-Cikoro, teman-teman fasilitator Desa Bangkit Sejahtera Yayasan Kalla mengadakan pelatihan guru. Tema yang diangkat adalah “Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Pelatihan Bidang Studi Matematika dan IPA”. Pelatihan yang diadakan tanggal 24 – 25 November 2015 ini melibatkan 19 guru sekolah dasar. Sekolah yang terlibat adalah Sekolah Dasar Inpres (SDI) Parangkeke, SDI Lembang Bu’ne, SDN Cikoro dan Madrasah Ibtidayyah Lembang Bu’ne.

Sebagai mentor, Taufiq, Darmia dan Nurul mendatangkan guru-guru dari Athirah Makassar. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Lurah Cikoro, Bapak Zulfikar. Secara administrasi, Cikoro masuk dalam Kecamatan Tompo Bulu, Kabupaten Gowa. Cikoro merupakan desa terakhir jika kita ingin mendaki ke Gunung Lompobattang.

Dalam bidang matematika, Ibu Ismia berbagi tentang operasi hitung bilangan bulat, garis bilangan, dan bangun datar. Secara teori, tentunya guru-guru SD setempat pun sudah paham. Tapi melalui cara yang berbeda, seperti yang mereka lakukan saat mengajar di Athirah tentu memberi informasi yang berbeda. Berbagai metode praktis dan sederhana membuat matematika yang dalam pikiran adalah sesuatu yang rumit, menjadi mudah. Guru-guru pun terlihat antusias mengikuti pelatihan tersebut.

DSC01992
Peserta Sedang Memainkan Domino Pecahan. (foto : enal_18)

Tidak jauh berbeda dengan bidang pengajaran sains dan IPA yang dibawakan oleh Ibu Feby. Materi tentang bunyi, sistem pernapasan, rangkaian listrik, dan sifat-sifat cahaya disajikan menarik melalui berbagai alat peraga yang sederhana dan mudah didapatkan.

DSC01971
Salah Satu Peserta Memperagakan Cakra Warna. (foto : enal_18)

Yang menarik dari pelatihan ini adalah jangankan siswa, guru pun ketika diberi pelatihan akan merasa jenuh. Peranan dari kedua mentor memberi ice breaking rupanya sangat ampuh membuat peserta tetap bertahan dan semangat mengikuti pelatihan ini. Ice breaking yang diberikan pun biasanya diberikan ke siswa dimana mereka mengajar.
Menurut H. Parman, S.Pd. selaku kepala sekolah SDN Cikoro, “pelatihan seperti ini sangat dibutuhkan oleh guru-guru di daerah, terutama Cikoro. Diharapkan masih ada pelatihan serupa guna meningkatkan kapasitas guru-guru di daerah.”

Demikian pula tanggaapan H. Muchtar, selaku guru dari SDI Lembang Bu’ne, bahwa peserta dapat mengikuti dengan mudah materi yang disajikan lewat alat peraga yang sederhana. Guru-guru pun bisa mengaplikasikannya kepada muridnya kelak.

Pada akhirnya, pendidikan adalah kebutuhan setiap manusia yang tentu berlangsung seumur hidup. Tinggal bagaimana membuat proses belajar dalam pendidikan itu bisa diterima dengan baik oleh semua kalangan.

DSC02002
Foto Bersama Panitia, Peserta dan Mentor Pelatihan. (foto: enal_18)

Kegiatan pelatihan ini akhirnya ditutup dengan menyanyikan Hymne Guru karya Sartono secara bersama-sama. Selamat Hari Guru untuk kaum pendidik.

“Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru. Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku. Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku. Sebagai prasasti terima kasihku tuk pengabdianum. Engkau sebagai pelita dalam kegelapan. Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan. Engkau patriot pahlawan bangsa. Insan Cendekia.”

Author: Enaldini

Lelaki yang jadi buruh tani, belakangan baru suka menulis. Suka club bola tempat Paolo Maldini berkiprah. Traveler gadungan yang pada prinsipnya, "Barangkali kita perlu duduk dan minum kopi bersama di depan tenda."

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s